15 September 2011

Ceritaaaaa Ngaben


kali ini mau cerita yaaak ttg ngabennya nenek :(


aku punya 2 nenek, jadi kakek punya istri 2, nenek kandung ibu nya bapak dan satunya nenek tiri (tapi gak kayak di film2 ya nenek tiri yg ini baiiik banget :)), beliau 2 tahun kemarin meninggal, nenek kandung meninggalnya waktu nik ada di roma (jdi gak liat pas saat2 terakhir, huks, dan nenek tiri menyusul kemudian.

sesuai adat di bangli, kampung halaman, ngaben itu dilakukan setiap 5 tahun sekali dan massal. jadi sementara kemarin jenasahnya cuman dikubur aja, tunggu waktu ngaben massal baru dilakukan upacara ngabennya.  btw kabupaten bangli itu terkenal sm rumah sakit jiwanya yaa, jadi satu2nya rumah sakit jiwa yg ada di bali itu letaknya di kabupaten bangli, kampung halamanku, jadi biasanya kalo bilang asalnya dari bangli, pasti deh dibilang orang gila, enak aja yaa padahal banyakan tu ya isi dari rumah sakit jiwa itu orang-orang dr luar kabupaten bangli, banyakan dr denpasar malah...qiqiqiiqi



ini nih letak kabupaten bangli :)


nah,september inilah waktu pengabenan massal itu, tepatnya tanggal 7 september kemarin. belakangan ini jadi sering bolak balik denpasar-bangli deh , gak begitu jauh sih karena ada bypass cuman 30 menit dari denpasar. 

kalo udah ngomongin upcara adat di bali ya, apalagi upacaranya gede2an banget gitu yang biasanya sudah dipikirin sama para tetua adalah biaya, iyaa biaya upacara ngaben itu mahal, ini aja di bangli adatnya massal jadi karena massal lebi murahlah, kalo di dps biasanya ngaben itu per seorangan yg pastinya lebih gede biayanya.

dari jauh hari kemarin bapak sudah mulai ngitung-ngitung, bakalan beli apa aja dan kira-kira berapa ngabisin, kalo di bangli karena massal jadi bayar ke banjar gitu, kemarin per 1 yg diaben biayanya 7,5 juta jadi karena keluarga aku punya 2 jadi biayanya 15 juta. itu baru setoran ke banjar untuk keperluan banjar ya, belum lagi urusan lain.

syukur aja semenjak oriflamean dan punya uang sendiri, aku bisa bantuin bapak dlm urusan biaya, inget 5 tahun yg lalu, pas ngaben massal sebelumnya, waktu itu ngabenin kakeknya bapak kan, wow bapak lebih pulang malemnya, cari tambahan sana sini, dan karena 5 tahun lalu aku belum oriflamean aku gak bs bantu apa2 :(

jadi inget ya beberapa bulan yg lalu ada yg komen di FB, bilangin kalo jangan terlalu matre, jgn terlalu menomorsatukan uang, helooooooo....jaman sekarang ya, segalanya perlu uang, emang dikira uang untuk seneng-seneng aja, saat sakit atau sedih lebih banyak perlu uang looh, untuk berbuat baik aja perlu kok uang, untuk beribadah untuk menyelesaikan kewajiban adat kita sama orang tua perlu uang. masih sok2an gak perlu uang? jadi orang jangan munafik, jangan egois, kalo buat diri aja iyaa kali gak perlu uang bagitu banyak, tapi pernah gak si mikirin orangtua kamu, cukup gak kalo dengan gaji kamu yg segitu-segitu ajaaa bahagian mereka, bayarin segala kabutuhan mereka? kalo mareka sakit kalo mereka kenapa2, sudah cukup belum uang kamu? 

kalo belum ya udah jangan komenin orang, kalo orang mau kerja keras buat hidupnya lebih baik, jgn disinisin tapi belajar bareng2 kan lebih baik yaaaa, percaya deh punya uang banyak pasti lebi enak kok. kalo kamu punya uang banyak, mau bergaya hidup sederhana yaa bisa banget uangnya pake bantu2 orang gtu yaa, tapi kalo kamu gak punya uang mau gak mau pastinya bergaya hidup irit kan ya, mau lama-lama kayak gitu? kalo aku sih gak mau yaa, makanya ni musuhan sama males, belajar gemana caranya membangun bisnis dan menjadi banyak uang :) biar gak kayak gini


ini disayangkan banget yaaaa :(((


ini beritanya ada di koran loo ya, 
kita belajar aja ya dari pengalaman diatas, gak mau kan ya nanti kita punya niat sama bunuh diri juga saat gak sanggup bayarin anak skolah, mangkanya manfaatin waktunya sekarang.

jangan pikirin yang sekrang aja, gaji sekarang mungkin masih cukup ya buat sekarang, tapi buat kedepan gemana yaa? 

kita mahluk yg dikasi kecerdasan sm Tuhan, dipake baik2 yuuuk :) jgn dipake males2an ajaaa, sayang waktunya berlalu gitu2 ajaaa...

semoga bisa jadi inspirasi ya temen-temen :)

ps : semoga nenek selalu menyertai dan memberi jalan buat cucumu ini ya nek. i love you  odah badung n odah bangli :))

0 comments:

Post a Comment